Follow Us @ilmamubarok

24 Juli, 2023

Hati-hati kalo urusan Hati

Sebagaimana tubuh punya kebutuhan

maka jiwa dan hati pun sama
.
Seringkali kita belum meyakini sepenuhnya bahwa sesungguhnya Alquran adalah obat buat hati dan jiwa kita, doa juga adalah obat; shalat adalah obat pelipur lara, sedekah menghilangkan ketakutan dan kesedihan, puasa atau mengurangi makan adalah obat bagi jiwa yang tamak
.
Namun.. seperti halnya tubuh yang perlu di periksa dan di diagnosa, maka hati dan jiwa juga sama
dan kita bisa tahu dan menganalisa sebenarnya hati dan jiwa kita perlu rawat inap atau rawat jalan
.
Bagaimana kita tahu hati kita sakit atau bermasalah?
Jawabannya mudah .. saat hati itu di nasehati nasehat dari agama, nasehat dari petunjuk nabi, hati seperti meradang, saat dinasehati dengan kalimat dan contoh kebaikan , hati itu tak bergetar dan tak bergeming , diam.. keras dan membatu
Dan sebenarnya dalam islam sudah diberikan solusinya, bersedekah kepada fakir miskin, mengobrol dengan orang yang hidupnya susah , membantu orang lain, menebar salam, memberi makan, berdoa, muhasabah, sangat banyak solusinya sebenarnya..
.
Namun kembali ke diri sendiri.. apakah trus membiarkan hati itu keras membatu atau mau duduk menghisab diri bermuhasabah dan dari jalan itu Allah melembutkan hati kita..
.
Percayalah… hidup dengan hati yang lembut, jiwa yang tenang, hari hari disibukkan dengan amal sholeh, berkumpul dengan orang baik, sibuk mikirin akhirat dan persiapan kesana dan bertemu Allah..
Inilah seindah indahnya hidup..
Hati yang trus terpaut kepada Pemilik Hati, jiwa yang selalu haus akan ampunan dan rahmatNya..
.
Kita yang faham hati kita perlu rawat jalan atau rawat inap jika kita mengenal hati kita


Nasihat guru, @dr.Zaidulakbar BarakaAllahufik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar